1

Step 1

2

Step 2

3

Step 3

4

Step 4

MEMILIH SKEMA SERTIFIKASI

Pada bagian ini, pilihlah skema yang akan di ujikan. Pilih salah satu.
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi penyusun laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) secara manual.
PILIH SKEMA PENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi operator aplikasi akuntansi berbasis komputer.
PILIH SKEMA PENGOPERASIAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam memproses dokumen dana kas di bank, memproses dokumen dana kas kecil secara manual.
PILIH SKEMA PENGELOLAAN DOKUMEN DANA KAS
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam mengelola kartu piutang, kartu utang, kartu persediaan, dan kartu aktiva tetap secara manual.
PILIH SKEMA PENGELOLAAN BUKU BESAR PEMBANTU
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam mengelola laporan harga pokok produk secara manual.
PILIH SKEMA PENGELOLAAN LAPORAN HARGA POKOK PRODUK
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi untuk mengelola sistem informasi akuntansi berbasis komputer.
PILIH SKEMA PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam mengelola administrasi perpajakan secara manual.
PILIH SKEMA PENGELOLA ADMINISTRASI PERPAJAKAN
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam menyajikan laporan keuangan konsolidasi dan menyajikan informasi kinerja keuangan dan bisnis berbasis SAK secara manual.
PILIH SKEMA PENYUSUN LAPORAN DAN KINERJA KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam menyajikan informasi akuntansi manajemen, menyiapkan anggaran perusahaan, dan memelihara sistem informasi akuntansi secara manual.
PILIH SKEMA PENYUSUNAN INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam melaksanakan proses pemeriksaan informasi keuangan secara manual.
PILIH SKEMA PEMERIKSAAN INFORMASI KEUANGAN
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam melakukan komunikasi yang efektif, dan melaksanakan prinsip-prinsip supervisi.
PILIH SKEMA PENYELIAAN STAF AKUNTANSI
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi penyusun laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) secara manual dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer. Skema ini dapat gunakan dalam sertifikasi profesi bagi Teknisi Akuntansi Yunior (Kualifikasi II) sebagai penyusun laporan keuangan berbasis SAK SAK ETAP secara manual dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer pada perusahaan yang belum go publik di seluruh wilayah Indonesia.

Persyaratan :
  1. Lulus pendidikan Sekolah Kejuruan menengah SMK, atau
  2. Memiliki sertifikat pelatihan untuk unit-unit
  3. Minimal pendidikan SMA

PILIH SKEMA TEKNISI AKUNTANSI YUNIOR
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam memproses entri jurnal, memproses buku besar, memproses dokumen dana kas, memproses dokumen dana kas kecil, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, dan tenaga operator dalam aplikasi akuntansi berbasis komputer. Skema ini dapat digunakan dalam uji kompetensi dan sertifikasi profesi bagi Teknisi Akuntansi Pratama (Kualifikasi III) sebagai tenaga dalam bidang pemroses entry jurnal, pemroses buku besar, pemroses dokumen dana kas di bank & dana kas kecil, penyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer pada perusahaan UKM dan perusahaan yang belum go publik di seluruh wilayah Indonesia.
PILIH SKEMA TEKNISI AKUNTANSI PRATAMA
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam memproses entri jurnal, memproses buku besar, memproses dokumen dana kas, memproses dokumen dana kas kecil, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, dan tenaga operator dalam aplikasi akuntansi berbasis komputer. Skema ini dapat digunakan dalam uji kompetensi dan sertifikasi profesi bagi Teknisi Akuntansi Muda (Kualifikasi IV) sebagai tenaga dalam bidang pemroses entry jurnal, pemroses buku besar, pemroses dokumen dana kas di bank & dana kas kecil, pengelola kartu piutang, pengelola kartu utang, pengelola kartu persediaan, pengelola kartu aktiva tetap, penyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer pada perusahaan UKM dan perusahaan yang belum go publik di seluruh wilayah Indonesia.
PILIH SKEMA TEKNISI AKUNTANSI MUDA
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam memproses entri jurnal, memproses buku besar, memproses dokumen dana kas, memproses dokumen dana kas kecil, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, tenaga operator dalam aplikasi akuntansi berbasis komputer, menyusun harga pokok produk, mengelola administrasi perpajakan, dan mengelola sistem informasi akuntansi pada perusahaan. Skema ini dapat digunakan dalam uji kompetensi dan sertifikasi profesi bagi Teknisi Akuntansi Madya (Kualifikasi V) sebagai tenaga dalam bidang pemroses entry jurnal, pemroses buku besar, pemroses dokumen dana kas di bank & dana kas kecil, pengelola kartu piutang, pengelola kartu utang, pengelola kartu persediaan, pengelola kartu aktiva tetap, penyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, dan operator aplikasi akuntansi berbasis komputer pada perusahaan UKM dan perusahaan yang belum go publik di seluruh wilayah Indonesia.
PILIH SKEMA TEKNISI AKUNTANSI MADYA
Disusun atas dasar permintaan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga kerja dalam memproses entri jurnal, memproses buku besar, memproses dokumen dana kas, memproses dokumen dana kas kecil, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP secara manual, tenaga operator dalam aplikasi akuntansi berbasis komputer, menyusun harga pokok produk, mengelola administrasi perpajakan, penyusun laporan kinerja keuangan berbasis SAK(IFRS), pemeriksa informasi keuangan, penyusun informasi akuntansi manajemen, dan penyelia bisnis/aktivitas staf unit kerja pada perusahaan, dan mengelola sistem informasi akuntansi pada perusahaan. Skema ini dapat digunakan dalam uji kompetensi dan sertifikasi profesi bagi Teknisi Akuntansi Ahli(Kualifikasi VI) sebagai tenaga dalam bidang penyusun laporan kinerja keuangan berbasis SAK, pemeriksa informasi keuangan, penyusun informasi akuntansi manajemen, dan penyelia staf akuntansi pada perusahaan publik di wilayah Indonesia dan di luar wilayah Indonesia.
PILIH SKEMA TEKNISI AKUNTANSI AHLI

FR-APL-01. FORMULIR PERMOHONAN SERTIFIKASI KOMPETENSI

Pada bagian ini, cantumkan data pribadi, data pendidikan formal serta data pekerjaan anda pada saat ini.

UPLOAD BUKTI PENDUKUNG

Cantumkan satu atau beberapa bukti pendukung (Foto, KTP, sertifikat, ijazah, Raport terakhir, Lembar tugas, Hasil prakarya dll) yang terkait dengan skema atau unit kompetensi yang telah diambil. Kemudian jika dimungkinkan scan dan upload dokumen tersebut kedalam sistem ini
Pada bagian ini, anda diminta untuk memilih bukti-bukti pendukung yang anda anggap relevan terhadap setiap elemen/KUK unit kompetensi. Pilihan dapat lebih dari 1(Satu) bukti pendukung. Tekan tombol untuk menambah kolom input untuk bukti pendukung. Bisa lebih dari satu
  • PENDIDIKAN FORMAL/BIODATA PRIBADI contohnya Foto, Raport dll
  • SERTIFIKAT KETERAMPILAN / PELATIHAN adalah sertifikat yang berhubungan dengan Skema / Unit yang di ambil
  • TUGAS SEKOLAH / PRA KARYA hasil tugas sekolah atau prakarya yang relevan dengan skema
PENDIDIKAN FORMAL/BIODATA PRIBADI

SERTIFIKAT KETERAMPILAN / PELATIHAN

TUGAS SEKOLAH / PRA KARYA

Note : Dapat lebih dari 1 bukti pendukung.
UPLOAD BUKTI PENDUKUNG

FR-APL 02 ASESMEN MANDIRI

Pastikan anda kompeten sesuai dengan elemen dan kuk yang ada pada setiap unit-unit kompetensi berikuti ini. Pasangkan elemen/kuk dengan bukti pendukung yang telah anda sebutkan sebelumnya. Pilih salah satu bukti saja yang paling relevan